PENGELOLAAN AIR LIMBAH

Dalam rangka menjaga dan mempertahankan kualitas air tanah maka perlu diwajibkan setiap orang atau badan usaha melakukan pengelolaan air limbah hasil usaha dan / atau kegiatan.

Pengelolaan Air Limbah domestik adalah upaya memperbaiki kualitas air yang berasal dari kegiatan rumah tangga / perkantoran sesuai dengan standar mutu limbah cair domestik sehingga layak untuk dibuang ke saluran kota / drainase.

PENGELOLAAN AIR LIMBAH

pengelolaan air limbah

Menurut definisinya air limbah adalah masuk atau dimasukkan mahluk, zat, energi dan komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu sehingga tidak sesuai dengan peruntukannya.

Air limbah domestik berasal dari kegiatan rumah tangga, perumahan. rumah susun, apartemen, perkantoran, rumah dan kantor rumah dan toko, rumah sakit, mall, pasar swalayan, balai pertemuan. hotel. industri, sekolah baik berupa grey water (air bekas) maupun black water (air kotor/tinja).

Pengelolaan Air Limbah diatur dalam PerGub DKI No 122 th 2005 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pengelolaan Air limbah domestik adalah upaya mengolah dengan cara tertentu agar air limbah memenuhi baku mutu air limbah yang ditetapkan.

pengelolaan air limbah

Sumber data dari PerGub DKI no 122 th 2005

Pengelolaan limbah secara teknis skala rumah tangga

  1. Air limbah toilet dialirkan langsung ke bangunan pengelolaan limbah seperti septiktank kombinasi dengan biofilter anaerobik (pengelolaan dengan mikroorganisme tanpa injeksi udara / oksigen ke dalam proses pengolahan)
  2. Air limbah non toilet dialirkan ke bak kontrol, selanjutnya dialirkan ke IPAL (bangunan pengelolaan limbah), tujuannya dialirkan ke bak kontrol adalah untuk perangkap minyak atau kotoran yang padat, bak kontrol ini dapat dibersihkan setiap waktu.
  3. Ketinggian (level) Lubang outlet (saluran keluar dari bangunan pengelolaan limbah menuju ke saluran umum / saluran perkotaan atau saluran wilayah) IPAL harus berada di atas saluran penerima.
    Saluran umum / saluran perkotaan atau saluran wilayah umumnya dimensi penampang besar dan letaknya biasanya sejajar dengan badan jalan).

 

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *