PONDASI PAGAR BETON

Pagar Beton merupakan jenis pagar dengan sistem knock down (bongkar dan pasang), terdiri dari elemen-elemen daun panel dan tiang panel yang terbuat dari beton bertulang.

Pagar Beton diproduksi di pabrik atau workshop, menggunakan moulding terbuat dari plat baja sebagai casting / cetakannya, di mulai dari proses fabrikasi tulangan, pengecoran dan curing beton bertulang.

Pondasi Pagar Beton sebagai struktur bawah pagar di kerjakan di lokasi, dengan interval / jarak antara pondasi 2.5 m, hal ini karena daun panel panjangnya 2.4 m, sehingga jarak antara tiang ke tiang panel 2.5 m.

URUTAN PEKERJAAN PAGAR BETON

Merencanakan urutan pelaksanaan pekerjaan pondasi pagar beton, dimulai dari tahapan sebagai berikut :

  1. pengukuran dan pemasangan bowplank (terbuat dari 2 patok kaso kayu dan 1 lembar papan, panjangnya berkisar 1 m sampai 2 m), untuk menentukan kelurusan bidang tanah yang akan dikerjakan konstruksi pagar
  2. menentukan lokasi untuk pondasi tiang pagar
  3. gali tanah untuk pondasi pagar beton sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan (oleh pemilik atau konsultan), atau yang umum digunakan dimensi galian 40 (panjang) x 40 (lebar) x  100 cm (dalam)
  4. Tiang pagar di pasang dalam lubang galian, dilanjutkan dengan merakit elemen daun-daun panel menjadi satu kesatuan.
    Sebelum pengerjaan pondasi tiang pagar, terlebih dahulu tiang pagar di lot tegaknya (di koreksi kelurusannya) dengan menggunakan alat bantu waterpass (alat bantu mengukur kerataan atau kelurusan).
    setelah itu dipasang pengaku untuk menahan tiang agar berada pada posisinya (tidak bergeser) untuk dilanjutkan dengan pekerjaan pondasi pagar.
  5. Stuktur pondasi pagar, berupa pondasi setempat dengan interval atau jarak antara pondasi pagar satu dengan lainnya berjarak 2.5 m, hal ini disebabkan panjang daun panel 2.4 m sehingga jarak antara tiang pagar 2.5 m.
  6. apabila bidang tanah yang dipagari dengan bidang tanah lainnya yang terdapat disisi samping, depan ataupun belakang, terdapat perbedaan level kontur, maka harus dibuat konstruksi penahan tanah / retraining wall.
    Konstruksi retraining wall dapat berupa struktur batu kali ataupun struktur beton bertulang, telah dihitung secara teknis kemampuan menahan tanah.

PONDASI PAGAR BETON

Pondasi Pagar Beton merupakan struktur pondasi setempat, struktur pondasi ini berfungsi sebagai pondasi pagar, berdasarkan bentuknya struktur pondasi ini terdiri dari :

  1. struktur pondasi terbuat dari pasangan batu kali
    stuktur pondasi batu kali terbuat dari material batu kali atau batu belah dan adukan terbuat dari pasir, semen dan air.Bentuk dan dimensi struktur pondasi dari material batu kali juga berbeda-beda, disesuaikan dengan spesifikasi teknis.
    Dimensi pondasi batu kali yang umum di kerjakan 40 cm x 40 cm x 100 cm, kedalaman tiang yang dijepit pondasi pagar 100 cm.

    pondasi pagar beton

  2. struktur pondasi terbuat dari beton bertulang
    stuktur pondasi beton bertulang ada 2 teknik yang umumnya dikenal yaitu
    beton bertulang dengan menggunakan cetakan dari bahan triplek atau papan dan yang lainnya beton berulang dengan menggunakan buis beton sebagai cetakannya.Dimensi diameter buis beton yang umumnya digunakan adalah diameter dalam 30 cm atau diameter dalam 40 cm.
    pondasi pagar beton
    Buis beton diameter sisi dalam 30 cm atau diameter sisi dalam 40 cm, di produksi pabrik Aneka Alam Abadi, untuk pengadaan dan pengiriman wilayah Jakarta dan sekitarnya hubungi 0856-937-597-38, harga pabrik, GARANSI produk, GRATIS ongkir Jakarta dan sekitarnya.

    Pondasi beton bertulang lainnya dimensi persegi 40 cm x 40 cm x 120 cm, menggunakan bahan cetakan dari bahan triplek dan papan.
    Besi beton yang digunakan berdiameter 8 mm untuk sengkang dan diameter 10 cm sebagai tulangan utama.

    Konstruksi substuktur pondasi berada dibawah permukaan tanah atau dapat juga berada di dalam stuktur retraining wall (bagian dari struktur retraining wall), untuk kondisi bidang tanah yang dipagarin berbeda kontur dengan bidang tanah sebelahnya.

Bekas tanah galian stuktur pondasi kemudian di urug kembali ke dalam sisi (bagian) yang kosong dan dipadatkan, dan sisanya di urug di bagian sisi dalam bidang tanah.

Informasi pemasangan pagar dan pengadaan material pagar beton wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, hubungi 0856-937-597-38 (telpon atau whatsapp), informatif, cepat respon dan sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *