RENOVASI PAGAR

Konstruksi pagar beton merupakan salah satu jenis konstruksi pagar yang mudah ditemukan di lokasi pabrik, pemukiman perumahan, jalan tol, pagar pada lokasi tanah kosong, dan sebagainya.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki konstruksi pagar beton seperti efektifitas waktu konstruksi, harga ekonomis, konstruksi dari beton bertulang menjadikan konstruksi pagar kuat dan usia pagar tahan lama, menjadi pertimbangan memilih konstruksi pagar beton precast.

Konstruksi pagar beton berupa elemen-elemen pagar terdiri dari daun panel, kolom panel dan pondasi di susun menjadi satu kesatuan dinding pagar, Pekerjaan pagar beton dikenal dengan metoda pengerjaan knock down (elemen pagar dapat dirakit dan dibongkar).

Pondasi pagar beton umumnya berupa beton setempat berdimensi panjang 40 cm x lebar 40 cm x kedalaman 100 cm, atau dapat disesuaikan dengan desain rencana pondasi pagar.

Untuk tanah yang berbeda level / tinggi, pondasi pagar berada di dalam konstruksi retraining wall atau konstruksi penahan tanah.
Konstruksi penahan tanah adalah konstruksi yang di desain sebagai fungsi menahan resultan gaya tekanan aktif tanah (melawan gaya dorong dan guling yang disebabkan oleh tekanan tanah).

Pada konstruksi tanah labil dan berbeda kontur, apabila konstruksi pagarnya tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka ada kemungkinan pagar mengalami perubahan bentuk, sehingga diperlukan tindakan renovasi pagar

RENOVASI PAGAR

Perubahan bentuk umumnya terjadi pada konstruksi pagar akibat perencanaan dan pengerjaan tidak dilakukan dengan benar adalah dinding pagar miring, sampai dengan yang terekstrim konstruksi pagar rubuh.

Tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki konstruksi pagar yang miring adalah dengan mengerjakannya sendiri atau menggunakan jasa ahli pemasangan pagar yang berpengalaman memperbaiki konstruksi pagar.

Aneka Alam Abadi memiliki pengalaman memperbaiki konstruksi pagar miring pada proyek berlokasi di Bekasi.
Tentunya konstruksi pagar miring pada lokasi gudang tersebut, merupakan pagar existing (bukan pagar baru)

Tahapan-tahapan Renovasi Pagar berdasarkan pengalaman yang di lakukan sebagai berikut :

  1. Kawat duri pada pagar yang miring atau perlu diperbaiki dilakukan pembongkaran
  2. dilanjutkan dengan bongkar elemen daun panel yang rusak, apabila dinding pagar rusak sebagian atau bahkan mungkin tidak mengalami kerusakan tetapi dengan konstruksi tiang miring, elemen daun panel tidak perlu di bongkar semua, pembongkaran dapat dilakukan sebagian saja.
  3. Bongkar struktur pondasi pagar, apabila pondasi pagar berupa pondasi setempat, lakukan galian tanah sekitar pondasi, tetapi apabila pondasi pagar di jepit pada konstrusi pasangan batu kali (struktur retraining wall), pondasi batu kali di bongkar (demolish) setempat kira-kira selebar 0.5 m sampai 1 m, untuk memberi kebebasan ruang mengatur kembali vertivality (tegak) tiang beton.
  4. Daun panel yang rusak diganti dengan yang baru, atau daun panel yang tidak rusak tetap dapat digunakan kembali.
  5. Setting tiang panel pagar secara verticality tegak lurus,  dengan menggunakan alat bantu waterpass check (kontrol) kemiringan tiang pagar.
    Pada proses setting tiang pagar, dapat dibantu menggunakan alat  bantu tarik seperti chainblock / takel, untuk menarik kolom yang miring supaya dapat tegak lurus.
  6. Setelah proses setting pondasi dan mengganti daun panel dengan yang baru selesai dilakukan, pondasi turap batu kali dipasang kembali, atau dapat diganti dengan adukan beton.
  7. Proses perbaikan pagar beton selesai dilakukan.

Informasi pemasangan pagar beton dan pengadaan material pagar beton hubungi Aneka Alam ABadi, 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp), harga pabrik, GARANSI kualitas, tepat waktu pemasangan, produk pagar beton kuat dan tahan usia lama, tepat waktu pengerjaannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *