PEMASANGAN PAGAR

Pagar berdasarkan fungsinya dibedakan atas 2 jenis pagar yaitu pagar sementara (temporary) dan pagar permanen.
Pagar sementara digunakan untuk proteksi atau pembatas sementara, sampai batas waktu tertentu, misalnya proyek selesai, pagar pengganti dibangun.
Pagar sementara umumnya dibuat dari bahan mudah didapat dan harga bahan tidak mahal, berfungsi sebagai proteksi, dan sifatnya sementara contoh pagar terbuat dari seng, bambu, papan, terpal, kawat duri, dan sebagainya.

Pagar permanen umumnya terbuat dari material yang lebih kaku, kualitas bahan lebih baik dibandingkan pagar sementara, konstruksi pagar mempertimbangkan nilai estetika / arsitektur, pagar permanen contohnya

  1. pagar dari bahan besi seperti pagar brc, pagar kawat / pagar chainlink, pagar pipa / tabung persegi dan bulat,
  2. pagar dari bahan beton contohnya pagar bata, pagar batako, pagar beton
  3. pagar dari tumbuhan hidup
  4. pagar dari bahan kayu

PEMASANGAN PAGAR

Metoda pemasangan pagar disesuaikan dengan karakter material pagar seperti material besi melewati proses pemotongan, welding, fitting, finish cat sebelum dilakukan pemasangan di lokasi.

Metoda pemasangan pagar dimulai dari tahapan sebagai berikut :

  1. Pekerjaan pengukuran dan pemasangan bowplank posisi pagar
  2. Pekerjaan pondasi dan pedestal, dimulai dari proses gali tanah, ukuran galian tanah digali selebar pondasi dan ditambah dengan tebal batu bata, umumnya level pondasi berada di bawah permukaan tanah, lebih mudah menggunakan bata merah atau batako sebagai bekisting, karena tidak memerlukan proses pasang dan bongkar bekisting.
    Kedalaman galian untuk pondasi pagar berkisar 1/3 dari tinggi pagar, misalnya pagar tinggi 3 m, kedalaman pondasi 1 m.
  3. Pemasangan bekisting pondasi, menggunakan bahan bata atau batako sebagai bekisting pondasi.
  4. Fabrikasi dan pemasangan besi beton sebagai tulangan pondasi dan tiang beton, menggunakan tulangan diameter 12 mm atau 13 mm
  5. Pengecoran pondasi dan tiang kolom menggunakan beton sitemix (aduk dilapangan dengan molen) sesuai dengan mix desain beton.
  6. Untuk pekerjaan pagar beton precast (pagar sistem knock down), tiang pagar dan daun panel di produksi di pabrik, dan dikirim di lapangan untuk dirakit sesuai dengan ketinggian pagar.
  7. Pondasi yang digunakan untuk menjepit tiang panel adalah pondasi setempat ukuran panjang 40 cm x lebar 40 cm x kedalaman rata-rata 100 cm
  8. Pekerjaan pagar beton efektif, murah dan mudah pemasangannya, varian pagar beton penambahan kawat duri 5 jalur.

Untuk pemasangan pagar dari bahan beton precast dengan metoda knock down seperti sudah dibahas pada artikel yang lalu tentang pondasi pagar beton

Sama halnya seperti struktur retraining wall, mengalami gaya tekan aktif tanah, pada permukaan pagar juga mengalami gaya dorong akibat beban angin (karena permukaan pagar yang tidak berlubang), sehingga seluruh permukaan pagar diatas permukaan tanah mengalami gaya momen akibat resultan gaya terhadap jarak titik guling.

Menurut teori retraining wall, agar mampu menahan gaya dorong dan membuat stabil struktur adalah berat sendiri struktur (semakin besar berat struktur semakin stabil), lebar sisi bawah struktur dan kedalaman di dalam tanah (momen guling yang dihasilkan akibat besarnya jarak resultan gaya dorong).

Pada struktur pagar yang perlu diperhatikan adalah kedalaman tiang beton (kolom pagar precast), karena fungsiĀ  tiang beton sekaligus sebagai pondasi penahan guling pagar, hendaknya perlu diperhitungkan kedalaman tiang pagar di bawah permukaan tanah sebagai jarak titik guling, umumnya kedalaman tiang pagar 1 m atau lebih dibawah permukaan tanah.

Semakin tinggi pagar beton, dibutuhkan tiang pagar dibawah permukaan tanah lebih panjang, lebih kurang 1/3 dari tinggi total tiang.

pemasangan pagar
DAUN PANEL PAGAR BETON
pemasangan pagar
TIANG PAGAR BETON (kolom beton)

Fungsi konstruksi pagar diantaranya sebagai pembatas tanah, proteksi (melindungi lingkungan pribadi / privacy) dari tindakan kejahatan, estetika (menampilkan fasad pagar).

Informasi pemasangan pagar beton atau pengadaan material pagar beton, hubungi Aneka Alam Abadi 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *