PEMASANGAN KANSTIN

Kanstin atau curb atau kerbs, produk beton precast mudah ditemukan disekitar kita, pemasangan kanstin beton sebagai pembatas / border pada infrastruktur jalan seperti trotoar pada bahu jalan, median jalan (center of line badan jalan).

Kanstin beton memiliki varian bentuk diantaranya :

  1. bentuk persegi panjang
  2. bentuk trapesium landai
  3. bentuk menyerupai huruf L

DIMENSI KANSTIN

pemasangan kanstin

Selain varian bentuk, kanstin juga memiliki varian dimensi, contohnya dimensi kanstin produk Aneka Alam Abadi yaitu :

  1. Tebal 9 cm x tinggi 19 cm x panjang 39 cm
  2. Tebal 17 cm x tinggi 20 cm x panjang 40 cm
  3. Tebal 17 cm x tinggi 23 cm x panjang 40 cm
  4. Tebal 15 cm x tinggi 28 cm x panjang 40 cm
  5. Tebal 21 cm x tinggi 30 cm x panjang 50 cm
  6. Tebal 17.5 cm x tinggi 20 cm x panjang 60 cm
  7. Tebal 18 cm x tinggi 25 cm x panjang 60 cm
  8. Tebal 22 cm x tinggi 25 cm x panjang 60 cm
  9. Tebal 25 cm x tinggi 30 cm x panjang 60 cm
  10. Tebal 25 cm x tinggi 20 cm x panjang 40 cm
  11. Tebal 30 cm x tinggi 23 cm x panjang 40 cm
  12. tebal 30 cm x tinggi 16 cm x pajang 40 cm

Spesifikasi teknis produk kanstin terbuat dari beton mutu K 300 dan warna expose beton.

METODA PEMASANGAN KANSTIN

pemasangan kanstin

Kanstin juga dapat di fabrikasi in situ (lokasi), dimensi ketinggian kanstin 25 cm ketebalan 20 cm atau tergantung spesifikasi desain, metoda pemasangan kanstin in situ adalah sebagai berikut :

  1. Tahap pertama melakukan pengukuran dan pembuatan bowplank (pekerjaan bowplank untuk fungsi referensi acuan center / tengah dari kanstin dibuat menggunakan 2 batang kayu kaso ketingginan 1 m dan 1 lembar papan), umumnya bowplank untuk dipasang setiap jarak 3 m
  2. Kanstin fabrikasi di lapangan diperkuat tulangan tarik 4 buah tulangan utama diameter 8 cm atau 10 cm, dan tulangan begel diameter 6 mm, sesuai spesifikasi desain,
  3. Pekerjaan kanstin dapat berada langsung di atas perkerasan jalan, sebelumnya telah dilakukan pemasangan stek besi beton pada waktu pengecoran badan jalan.
    Stek besi beton nantinya menyatu dengan beton kanstin, stek besi betujuan bertujuan agar kanstin beton menyatu dengan perkerasan jalan.
  4. Pekerjaan kanstin beton dapat juga langsung di atas tanah asli atau sirtu urugan, diperlukan galian tanah sampai kedalaman yang ditentukan berkisar 10 sampai 20 cm.
    Pada bagian dasar galian, di pasang lantai kerja (lean concrete) sebagai pengganti plastik cor, agar air semen beton tidak menyerap ke dalam tanah atau sirtu.
  5. Pemasangan bekisting kanstin, berupa bahan papan atau triplek atau bahan baja seperti Light lip chanel / CNP, plat baja dan sebagainya
  6. Setelah bekisting terpasang / setting, dilanjutkan dengan pekerjaan pengecoran kanstin beton menggunakan beton ready mix atau site mix (adukan di lokasi).
  7. Pekerjaan terakhir adalah pekerjaan finishing permukaan kanstin beton.

Berbeda pekerjaan pemasangan kanstin precast dengan pekerjaan kanstin in situ, metoda pemasannya, lebih cepat dan efektif, berikut ini adalah metoda pemasangan kanstin beton precast :

  1. Pekerjaan awal yang dilakukan adalah pengukuran dan marking untuk menentukan lokasi pemasangan kanstin.
  2. Kanstin precast yang diadakan di tempatkan sedekat mungkin dengan lokasi pekerjaan, disesuaikan dengan luas lokasi dan akses jalan, untuk memudahkan pemindahan kanstin.
  3. Tanah asli atau pekerasan kaku (jalan beton) atau perkerasan flexible (jalan aspal) terlebih dahulu dipotong / cutting, dan digali sesuai kedalaman yang disyaratkan / ditentukan dalam spesifikasi.
  4. kanstin diletakkan dalam galian, dan pemasangan kanstin precast perlu diperhatikan kanstin satu dengan yang lainnya di beri jarak untuk dapat diisi adukan pada sisi sampingya, untuk tujuan menyatukan kanstin dan sebagai nat antara kanstin.
  5. Umumnya kanstin produk pabrik sudah finish permukaan warna expose beton, tapi tetap membutuhkan pekerjaan finishing untuk kerapian hasil kerja pemasangan.

Keunggulan menggunakan kanstin precast dibandingkan kanstin pekerjaan di lokasi antara lain :

  1. DimensiĀ  kanstin precast sama, dan mungkin di dapat juga untuk kanstin pekerjaan di lokasi dengan memperhatikan moulding / cetakan kanstin, harus lurus dan tidak bergelombang.
  2. Biaya finishing menggunakan kanstin precast jauh lebih kecil dibandingkan finshing kanstin pengecoran di lokasi.
  3. Upah pekerjaan kanstin precast lebih murah dan lebih efisien, karena tidak memerlukan menyediakan moulding cetakan kanstin sesuai dengan jumlah kebutuhan.

Informasi kanstin precast dapat menghubungi Charles 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp), informatif, cepat tanggap dan sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *