INSTALASI AIR KOTOR

Metoda Instalasi Air Kotor biasanya langsung melalui buangan dari closet dan terminal, sedangkan untuk air buangan adalah sisa air buangan melalui wastafel, bak cuci dan floor drain (pembuangan pada lantai) yang mengalir secara gravitasi dari masing-masing janitor menuju bak penampungan seperti septiktank, STP (sewage Treatment Plant).

Pada rumah tinggal, air buangan (air kotor) dibuang melalui septictank dan selanjutnya dialirkan kembali ke dalam tanah melalui rembesan.

METODA INSTALASI AIR KOTOR

instalasi air kotor

Air kotor atau air kakus atau dikenal dengan istilah limbah hitam / black water merupakan buangan biologis manusia seperti tinja, dan air kencing.
Untuk rumah tangga air kotor termasuk air buangan dari dapur yang mengandung lemak.
Air limbah mengandung komponen berbahaya seperti mikroba, materi organik, telur cacing, virus dan bakteri.

instalasi air kotor

Diperlukan penanganan yang tepat untuk pengolahan air limbah.
Pada dasarnya sistem pengolahan air limbah terdiri dari 2  proses utama yaitu proses mekanik dan proses biologi.

Pada proses mekanik air kotor melewati proses penyaringan, pembersihan sampah, pemisahan atau pengendapan, proses anaerob, proses pengeringan dan pembuangan akhir.

Proses anaerob maksudnya adalah pengolahan air limbah dengan mikroorganisme tanpa injeksi udara / oksigen ke dalam proses pengolahan.

Pengolahan limbah dengan proses biologis / kimia melalui proses aktivitas bakteri yang memamfaatkan O2 dari udara (aerob) dan proses netralisasi cairan dengan asam atau memasukkan bahan kimia untuk oksidasi seperti aerasi dengan menggunakan molekul O2 proses pengolahan endapan aktif (activated sludge process) dan pemusnahan kuman (desinfection) dengan menggunakan kaporit (chlorine).

Untuk American Standard biasanya pipa air kotor dan pipa air buangan dipisahkan akan tetapi sistem Japan Standard digabung menjadi satu.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses instalasi air kotor adalah ;

  1. Air kotor di buat dengan kemiringan ± 1°
  2. Untuk air buangan dibuat dengan kemiringan ± 1 1/2°, masing-masing pipa air kotor dan air buangan dilengkapi  pettrap (leher angsa) untuk mencegah bau, mencegah masuknya binatang ke dalam ruangan melaui pipa

Bahan-bahan yang digunakan instalasi air kotor yaitu :

  1. Pompa buangan (sewage pump)
  2. Pipa PVC (spesifikasi AW atau D)
  3. Pipa Cast Iron
  4. Fitting PVC (elbow, tee, socket, reducer)
  5. Fitting Cast Iron (elbow, tee, socket, reducer).
  6. Valve Cast Iron (check valve, gate valve)

 

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *