BUIS BETON BELAH PRECAST

Buis beton berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu buis beton (pipa beton) dan buis beton belah (1/2 pipa belah).

Fungsi atau kegunaan buis beton untuk infrastruktur saluran, buis beton mudah dijumpai pada lokasi lingkungan tempat tinggal, saluran pada bahu jalan, saluran pabrik, saluran perkantoran dan sebagainya.

Meskipun fungsinya sebagai infrastruktur saluran, tetapi berdasarkan bentuk buis beton, lokasi pemasangannya berbeda, misalnya

  1. Buis beton precast (pipa beton) ditempatkan dibawah permukaan tanah dan kemudian di urug kembali dengan tanah atau material pengisi lainnya.
    Saluran ini bertujuan saluran permanen, dan tidak bertujuan untuk di bongkar dan di pasang kembali.
    Saluran jenis pipa beton digunakan biasanya untuk mengalirkan limbah cair.

    buis beton belah precast
    Gbr 1. Buis Beton (Pipa beton)
  2. Buis Beton Belah Precast (pipa beton belah) ditempatkan diatas permukaan tanah dan dapat ditutupi ataupun tidak di tutupi.
    Saluran yang menggunakan buis beton belah bertujuan untuk memudahkan maintenance saluran.
    Saluran jenis buis beton belah digunakan untuk mengalirkan air hujan.
buis beton belah precast
Gbr 2. Buis beton belah Precast

BUIS BETON BELAH PRECAST

Buis beton belah salah satu produk unggulan Aneka Alam Abadi, di produksiĀ  di workshop berlokasi Tangerang, dengan metoda drymix (beton 1/2 kering) dengan pemadatan 3 lapis (1/3 x tinggi moulding, 2/3 x tinggi moulding dan 1 x tinggi moulding).

1 kali proses pembetonan di dapatkan 2 unit buis beton belah, proses produksinya hampir sama dengan proses produksi pipa beton, perbedaannya waktu perakitan moulding menambahkan penyekat dari pelat baja.

Dimensi diameter produk Buis Beton Belah Precast (dari pabrik Aneka Alam Abadi) yaitu :

  1. Diameter dalam 20 cm x panjang 100 cm
  2. Diameter dalam 30 cm x panjang 100 cm
  3. Diameter dalam 40 cm x panjang 100 cm
  4. Diameter dalam 50 cm x panjang 100 cm

Pekerjaan pemasangan Buis Beton Belah Precast dapat dikombinasikan dengan pasangan bata ataupun pasangan batu kali sebagai dinding saluran pada sisi kanan dan kiri dari saluran.

buis beton belah precast
Gbr 3. Saluran dinding pasangan bata

Fungsi dinding saluran diantaranya :

  1. menambah volume tampung air,
  2. melindungi saluran dari erosi atau longsor
  3. berfungsi sebagai struktur jalan

Sering juga dijumpai, produk Buis Beton Belah Precast digunakan untuk saluran pada tanah berkontur tinggi (tebing) di lokasi tanah milik jalan tol.
Karena pemasangan buis beton pada lokasi berkontur, saluran tebing mengikuti kemiringan tanah, sehingga tidak memerlukan dinding saluran, karena air mengalir dari kontur ke atas ke bawah, sehingga volume tampungan sangat kecil (bahkan volume mendekati nilai nol).

buis beton belah precast
Gbr 4. Pemasangan buis beton belah di lokasi tebing

Spesifikasi beton yang digunakan produksi buis beton belah, beton drymix mutu fc’ = 14,53 Mpa setara dengan beton K 175.
Saluran buis beton belah tidak menggunakan besi beton karena termasuk kategori non struktural (bukan fungsi struktur).

Pabrik Aneka Alam Abadi (pabrik buis beton belah precast dan sekaligus distribusinya) membantu jasa pengiriman GRATIS lokasi Jakarta dan sekitarnya, dan memberikan GARANSI barang diterima rusak, uang akan dikembalikan.

Informasi pemesanan Buis Beton Belah Precast, hubungi 0856-937-597-38, informatif, cepat respon dan sopan memberikan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *