SUMUR DINDING BERLUBANG

Sumur merupakan salah satu upaya dari manusia modern untuk mendapatkan sumber air (tanah) yang dapat dimamfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri dan digunakan semaksimal mungkin untuk usaha (aktivitas).

Berbeda fungsi dengan bangunan sumur resapan, berfungsi sebagai bangunan penampungan sementara dan mengalirkan genangan air (khususnya air hujan) kembali ke dalam tanah untuk disimpan sebagai cadangan air tanah.

Sumur resapan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi genangan air dan bencana banjir akibat kurangnya daerah untuk penyerapan air, saluran (got untuk ukuran yang kecil, dan kali untuk ukuran yang besar) dan sungai yang meluap, tidak dapat menampung genangan air, ditambah dengan kondisi tata kota yang tidak terencana.

Bangunan sumur dapat berupa galian tanah tanpa proteksi, atau dengan proteksi pasangan bata, buis beton, pipa besi, drum, atau terkecil menggunakan pipa PVC untuk sumuran dangkal dimana berupa sumuran tertutup terkoneksi langsung ke pompa sedot.

SUMUR RESAPAN DINDING BERLUBANG

Sumur Dinding Berlubang digunakan untuk fungsi sumur resapan (drainase vertikal), dengan permukaan dinding beton berlubang diameter 2″ (lebih kurang diameter 5 cm), jumlah lubang di dinding 25 buah, menambah luas area bersentuhan langsung dengan tanah, dan diharapkan dapat mempercepat proses penyerapan air ke dalam tanah.

Standarisasi ukuran produk pabrik Aneka Alam Abadi, dimensi Sumur Dinding Berlubang, diameter dalam 100 cm, diameter luar 120 cm dan panjang 50 cm.

Ada 2 varian produk Sumur Dinding Berlubang yaitu diperkuat tulangan tarik (dengan memakai tulangan) dan tidak diperkuat tulangan (tanpa tulangan), kedua-duanya dapat digunakan untuk fungsi sumur resapan.

Perubahan penggunaan lahan akibat pembangunan perumahan, secara tidak langsung dapat merusak kawasan resapan air, hal ini mengakibatkan semakin berkurangnya daerah resapan air hujan yang menyebabkan air hujan terkumpul pada saluran drainase yang ada.

Kondisi tersebut akan menimbulkan meningkatnya volume air permukaan yang masuk ke dalam saluran drainase dan meluapnya air pada saluran yang dapat menyebabkan terjadinya genangan atau bahkan banjir.

Perencanaan drainase perlu memperhatikan fungsi dari drainase yang dilandaskan pada konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan, konsep ini berhubungan dengan upaya konservasi sumber daya air dengan memperlambat aliran limpasan air hujan dan mengendalikan agar dapat meresap ke dalam tanah melalui bangunan resapan seperti sumur resapan.

Perencanaan dimensi dan jumlah bangunan resapan mengikuti tata cara perencanaan sumur resapan air hujan mengacu SNI 03-2453-2002 (BSN 2002).
Banyaknya jumlah bangunan resapan ditentukan berdasarkan volume andil banjir yang akan ditampung dan diresapkan ke dalam bangunan resapan.
Besarnya nilai efektivitas pengurangan limpasan di dapat dari jumlah limpasan yang mampu diserap oleh bangunan resapan dibagi volume andil banjir total.

Nilai-nilai ini dipengaruhi oleh berberapa faktor misalnya :

  1. periode ulang intensitas hujan
  2. Durasi hujan (lama atau singkatnya), semakin lama durasi hujan menghasilkan intensitas hujan yang rendah.
  3. permeabilitas tanah (proses infiltrasi genangan air ke dalam tanah), seberapa cepat genangan air di serap ke dalam tanah.

Tujuan dibangunnya sumur resapan adalah mengurangi limpasan atau genangan akibat tidak tertampungnya genangan air di dalam saluran drainase atau sungai atau laut yang pasang, dengan harapan dapat menampung sementara lebih banyak tetapi tidak menutup kemungkinan tidak semua limpasan dapat di serap ke dalam tanah.

Selain produk buis beton berlubang, produk buis beton lainnya juga dapat digunakan sebagai sumur resapan (tanpa lubang di dinding), dengan menambah area lubang pada waktu pemasangan, misalnya memasang batu bata diantara sambuangan buis beton.

Dimensi produk buis beton tidak berlubang dapat digunakan sebagai sumur resapan adalah sebagai berikut :

  1. Diameter dalam 100 cm x panjang 100 cm (tidak bertulang)
  2. Diameter dalam 100 cm x panjang 50 cm (tidak bertulang dan ada juga variasi bertulang)
  3. Diameter dalam 80 cm x panjang 100 cm (tidak bertulang)
  4. Diameter dalam 80 cm x panjang 50 cm (tidak bertulang)
  5. Diameter dalam 150 cm x panjang 50 cm (bertulang)

Informasi pengadaan Sumur Resapan Dinding Berlubang dan buis beton dinding tidak berlubang hubungi 0856-937-597-38 (telpon atau whatsapp), GRATIS ongkir, GRATIS bongkar dari mobil lokasi pengiriman Jakarta dan sekitar.

https://www.youtube.com/watch?v=F5imR9niY9k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *