SALURAN U

Saluran U mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal atau beraktivitas, di perkotaan dan di perdesaan, sebagai sistem saluran pada badan jalan, atau sebagai infrastruktur pekerjaan irigasi.

Menggunakan saluran u sistem pracetak (produksi pabrik) memiliki beberapa keunggulan diantaranya kualitas produk lebih baik, proses konstruksi lebih cepat (tidak memerlukan proses fabrikasi di lapangan), metoda pemasangan lebih mudah.
Beberapa alasan yang disebutkan diatas menjadikan produk U Ditch produksi pabrik pilihan utama dalam pemilihan metoda pengerjaan saluran.

SALURAN U DITCH

Apakah Saluran U ditch cukup kuat menahan beban muatan kendaraan? Pertanyaan ini sering ditanyakan, umumnya saluran U atau dikenal juga dengan nama U ditch digunakan sebagai fungsi saluran pada infrastruktur jalan.

Beberapa hal menjadi penjelasan fungsi dan kemampuan produk U ditch

  1. U ditch  berfungsi sebagai drainase saluran pada struktur badan jalan

    Jarak antara U ditch sebagai saluran drainase ke badan jalan adalah sama dengan lebar bahu jalan pada penampang melintang badan jalan, disesuaikan dengan kelas jalan, kisaran lebar bahu jalan antara 1 m sampai dengan 2 m.

    Produk U ditch menahan tekanan tanah akibat beban lalu lintas yang melintasi lebar jalan, yang kemudian menjadi beban pondasi badan jalan dan tanah disekitarnya terhadap dinding U Ditch, dianggap sama dengan tekanan tanah terjadi pada dinding penahan tanah.
    Lebar jalan adalah lajur lalu lintas ditambah dengan bahu jalan.

    Besar kecilnya tekanan tanah dari samping ditentukan oleh tinggi dari dinding saluran, untuk tinggi saluran kecil, maka tekanan tanah dari samping (tegangan tanah aktif dan pasif) terhadap dinding saluran sangat kecil.
    Besarnya tegangan tanah aktif adalah berat jenis tanah (γ) dikali dengan kuadrat tinggi (H) dikali dengan koefisien tanah aktif (Ka).

    Produk U ditch dari pabrik Aneka Alam Abadi terbuat dari beton readymix langsung dari pabrik beton, mutu K 300 diperkuat dengan tulangan U 24, di desain untuk memikul tegangan tanah akibat beban lalu lintas

  2. U ditch dimamfaatkan sebagai pedestrian, penghijauan, parkir mobil, atau untuk menambah lebar bahu jalan
    Beban yang ada diatas saluran U, dipikul oleh perkerasan diatasnya seperti tutup U ditch atau plat beton konvensional, sebelum ditransfer bebannya ke saluran u dan pondasi tanah dibawah permukaan jalan.

    Kuat atau tidaknya struktur pedestrian ditentukan oleh ketebalan plat dan jumlah penulangan pelat yang berada diatas permukaan saluran u ditch.
    Untuk lokasi yang sering di lewati mobil atau beban kejut yang besar, harus dilakukan proses desain plat jalan.

Informasi produk saluran U fungsi sebagai saluran dan penawaran harga hubungi Charles 0856 937 597 38 (WhatsApp)

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *