PEMASANGAN PAGAR BETON

Pekerjaan Pemasangan Pagar Beton solusi efisien dan mudah pelaksanaannya, untuk berbagai kondisi tanah, baik yang berkontur maupun datar.

Fungsi pagar antara lain sebagai pembatas dan melindungi privasi dan aset dari pihak luar.
Pagar beton merupakan salah satu jenis pagar yang umum digunakan, dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita seperti pagar pabrik, pagar gudang, pagar rumah, pagar lahan kosong dan sebagainya.

PEMASANGAN PAGAR BETON

Pagar beton terdiri dari elemen-elemen pagar seperti daun panel (berfungsi sebagai dinding pagar) dan tiang beton berfungsi sebagai kolom praktis pagar beton.

Elemen-elemen pagar di produksi di pabrik, dan di mobilisasi di lokasi pemasangan, khususnya untuk lokasi Jakarta, Bekasi dan Tangerang, Pabrik Aneka Alam Abadi, melayani pengiriman pagar sampai lokasi dan bongkar turun dari mobil truk.
Untuk lokasi di luar Jakarta, dapat mengambil langsung di pabrik yang berlokasi di Bogor.

Elemen-elemen daun panel di susun vertikal keatas sesuai dengan ketinggian rencana dinding pagar, seperti tinggi 1,6 m sampai dengan tinggi 3,2 m.
Pagar beton untuk ketinggian lebih dari 3,2m, desain khusus, dan tidak di produksi secara umum.

Pemasangan Pagar Beton dikerjakan oleh tenaga manusia, dengan jumlah lebih efisien dibandingkan pagar konvensional, karena proses produksi elemen-elemen pagar telah dilakukan di pabrik.

Minimum pekerjaan Pemasangan Pagar Beton dikerjakan 1 team terdiri dari 4 orang atau lebih dari 4 orang untuk tujuan percepatan pekerjaan.
Pondasi pagar beton berupa pondasi setempat (interval jarak 2,5m antar pondasi setempat).

pemasangan pagar beton

Jenis pondasi setempat yang biasanya digunakan sebagai pondasi setempat pagar beton adalah :

  1. pasangan turap batu kali
  2. beton bertulang
  3. pipa beton

Dimensi pondasi setempat mulai dari ukuran minimal lebar 30 cm sampai dengan 50 cm, dan panjang kedalaman pondasi rata-rata 1 meter dari permukaan pagar.
Informasi pekerjaan pemasangan pagar beton dapat di lihat pada artikel sebelumnya tentang Pondasi Pagar Beton

Ada kalanya di bawah dinding pagar beton, di pasang pondasi batu kali, agar level top pagar dan nat pagar memiliki level ketinggian yang sama.

Untuk tanah berkontur, pekerjaan pemasangan pagar beton menyesuaikan bentuk kontur tanah, dan tiang beton (sebagai kolom praktis) di pasang double, pada lokasi dengan kontur tanah yang berbeda jauh ketinggiannya.
Tiang pagar di pasang ganda (double), hal ini bertujuan agar dinding pagar sepenuhnya dapat masuk ke dalam tiang pagar, sehingga struktur pagar lebih kuat.

Kendala yang di hadapi untuk pemasangan pagar di lokasi berkontur yaitu mobilisasi elemen pagar ke lokasi yang lebih tinggi atau lokasi yang di bawah, karena berat dari elemen pagar.

Di bawah ini adalah data berat elemen-elemen pagar ;

  1. Daun panel 50 x 400 x 2.400 mm, berat 115 kg
  2. Kolom 160 x 180 x 2.000 mm, berat 121 kg
  3. Kolom 160 x 180 x 2.500 mm, berat 146 kg
  4. Kolom 160 x 180 x 3.000 mm, berat 182 kg
  5. Kolom 160 x 180 x 3.400 mm, berat 207 kg
  6. Kolom 160 x 180 x 4.000 mm, berat 240 kg
  7. Kolom 160 x 180 x 4.500 mm, berat 325 kg

Agar dapat memindahkan elemen-elemen pagar yang berat dengan baik dan aman dibutuhkan alat untuk handling (mengangkat dan memindahkannya).
Alat-alat berat yang dapat digunakan untuk handling elemen pagar yaitu :
Excavator, Crane, foco crane (truk Crane).

pemasangan pagar beton

Elemen-elemen pagar diangkat alat-alat berat (untuk handling) di perlengkapi dengan perlengkapan seperti sabuk angkat dan segel.
Metoda pemindahannya dengan memperhatikan kaidah keselamatan kerja seperti :

  1. mempersiapkan metoda angkat yang aman
  2. mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
  3. memastikan tumpukan elemen-elemen pagar tidak di tumpuk di satu lokasi saja, tapi dibatasi ketinggian tumpukan, agar lebih stabiil dan beban akibat berat pagar dapat di distribusikan ke tanah di bawahnya.
  4. Kemiringan tanah berkontur di buat landai, atau di buat terasering agar tidak terlalu curam.
  5. Hindari pemasangan pagar di tepi jurang, lebih baik di beri jarak aman dan di beri perkuatan tambahan pada tanah dibawahnya untuk menjaga kestabilan tanah seperti turap batu kali atau pancang kayu gelam.
  6. Hindari pekerjaan handling di waktu hujan, yang mungkin dapat mengakibatkan kelongsoran tanah
  7. Dan tidakan-tindakan lainnya yang dianggap perlu untuk menjaga kestabilan tanah dan keselamatan kerja.

Informasi pemasangan pagar beton atau pengadaan produk-produk pagar beton untuk wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi hubungi 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp), GARANSI kualitas pagar, GRATIS ongkos kirim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *