PEMAKAIAN MOULDING BUIS BETON

Moulding atau cetakan untuk produksi buis beton terbuat dari bahan pelat baja di forming dengan mesing rolling membentuk seperti pipa.

Untuk memudahkan proses merakit dan membongkar moulding, moulding dibuat menjadi beberapa modul, dengan bagian modul lebih kecil menjadikan berat mouding lebih ringan dibandingkan apabila moulding tidak dibuat permodul.

Pemakaian Moulding Buis Beton dari pelat baja untuk tujuan, mempercepat proses produksi, menghasilkan produk buis beton dimensi dan bentuk konsisten sama, mempunyai nilai ekonomis karena dapat dipakai berkali-kali.

DIMENSI MOULDING BUIS BETON

Aneka Alam Abadi, pabrik memproduksi moulding buis beton dari bahan pelat baja diperkuat dengan plat strip sebagai pengaku atau stiffner, tujuannya supaya moulding buis beton tidak berubah bentuk, dan buis beton dihasilkan penampangnya berbentuk lingkaran.

Permukaan sisi luar pada moulding sisi luar dan sisi dalam, dilindungi dengan cat meni baja, untuk membantu mencegah terjadinya korosi pada baja.
Sedangkan permukaan bertemu dengan beton tidak di finish cat, karena diharapkan permukaan buis beton yang dihasilkan tidak bewarna dan permukaannya rata dan halus.

Dimensi moulding buis beton (diameter sisi bagian dalam dan ketebalan rencana buis beton) diproduksi dapat disesuaikan dengan permintaan dari customer / pembeli (custom).
Ukuran diameter sisi dalam yang umumnya di gunakan pabrik Aneka Alam Abadi adalah sebagai berikut :

  1. diameter sisi dalam 20 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 3 cm
  2. diameter sisi dalam 30 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 3 cm
  3. diameter sisi dalam 40 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 4 cm
  4. diameter sisi dalam 50 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 5 cm
  5. diameter sisi dalam 60 cm tinggi 100 cm tebalĀ  buis beton 6 cm
  6. diameter sisi dalam 80 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 7.5 cm
  7. diameter sisi dalam 80 cm tinggi 50 cm tebal buis beton 7.5 cm
  8. diameter sisi dalam 100 cm tinggi 100 cm tebal buis beton 7.5 cm
  9. diameter sisi dalam 100 cm tinggi 50 cm tebal buis beton 7.5 cm

PROSES PEMAKAIAN MOULDING BUIS BETON

Proses Pemakaian Moulding Buis Beton pada waktu proses produksi dimulai perakitan dengan tahapan langkah berikut :

  1. Lahan tempat produksi harus dalam kondisi rata (kontur tanah rata) dan padat.
  2. Rakit moulding sisi dalam terlebih dahulu, yang terdiri dari 3 modul menjadi satu kesatuan seperti pipa beton.
  3. Untuk produksi buis beton menggunakan bahan beton drymix (slump beton lebih kecil dari 5 cm), sisi permukaan cetakan tidak perlu dilapisi cairan pelumas seperti oli bekas atau cairan lainnya dengan merek tertentu.
    Sedangkan produksi dengan bahan benton basah (wet mix), dibutuhkan cairan pelumas untuk melapisi cetakanĀ  / moulding agar didapati permukaan beton halus dan tidak somplak.
    Ini bukan berarti pada proses dengan bahan beton drymix tidak halus dan dibiarkan somplak, tetapi karena air beton (water cement) pada bahan beton tidak sebanyak digunakan pada wet mix, sehingga beton tidak menempel pada bagian permukaan cetakan
  4. Moulding sisi luar di tempatkan di bagian sisi luar moulding bagian dalam dan modul dirakit menjadi satu kesatuan seperti pipa beton diameter lebih besar dari moulding sisi dalam.
  5. Setting moulding buis beton sisi dalam tepat ditengah moulding sisi luar, pastikan moulding sisi kosong antara moulding sisi luar dan sisi dalam sama besar, nanti ruangan kosong ini akan diisi dengan beton wetmix atau beton drymix, lebar inilah yang nantinya menjadi ketebalan dinding buis beton.
  6. Moulding siap untuk digunakan proses produksi buis beton.

Proses bongkar moulding buis beton sebagai berikut :

  1. Seperti halnya proses perakitan, pada proses bongkar moulding dilakukan dengan terlebih dahulu melepaskan modul pengunci pada moulding sisi dalam, dan melepaskan masing-masing modul.
  2. Modul sisi dalam kemudian diangkat dan dipindahkan ke sisi luar dari buis beton.
  3. Setelah membongkar moulding sisi dala dilanjutkan dengan melepaskan pengunci moulding sisi luar dan memindahkannya dari lokasi produksi.

PERAWATAN MOULDING BUIS BETON

Proses perawaratan moulding buis beton, ini dilakukan selama proses produksi, hal yang perlu diperhatikan adalah moulding buis beton terbuat dari pelat baja dapat mengalami korosi terutama sisi moulding yang bersentuhan dengan beton dan air semen.

Kandungan kimia semen beton dapat menyebabkan korosi demikian juga dengan air hujan akan mempercepat proses oksidasi pada permukaan pelat baja.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah proses korosi terjadi adalah dengan cara sebagai berikut :

  1. Melindungi moulding buis beton dari air hujan dengan menyediakan tempat penyimpanan yang memiliki atap.
  2. membersihkan permukaan pelat moulding terkena air semen atau hujan setelah proses produksi selesai.
  3. Modul-modul moulding disusun dengan rapi pada tempat penyimpanan, sehingga dapat menghemat pemakaian ruangan dan mudah menemukannya.

Informasi pemesanan dan penawaran harga moulding menghubungi Charles 0856-937-597-38 (telpon atau WA), informatif, cepat respon dan sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *