BIAYA ALTERNATIF

Biaya Alternatif (Opportunity Costs) definisinya biaya mengenai kesempatan terlebih dahulu untuk mendapatkan bunya atau suatu pengembalian atas dana-dana investasi disebut sebagai biaya alternatif (an opportunity cost)

Sebagai contoh jika seorang mempunyai Rp. 1.000.000,- dan disimpan baik dalam rumah, maka orang ini telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan bunga atas uangnya dengan membuka suatu rekening tabungan dalam sebuah bank yang bersedia membayar bunga berganda tahunan sebesar 5% , misalnya untuk jangka waktu satu tahun orang tersebut melewatkan kesempatan untuk mendapatkan

BIAYA ALTERNATIF

0.05 x Rp. 1.000.000,- = Rp. 50.000,-, nilai ini disebut dengan biaya alternatif sehubungan dengan penyetoran Rp. 1.000.000,-

Suatu gambaran lainnya tentang Biaya Alternatif adalah dengan menganggap bahwa seseorang mempunyai biaya Rp. 5.000.000,- tunai di tangan, jumlah ini dipertimbangkan sebagai modal pemilik (equity capital).

Orang yang berinfestasi ini juga mempunyai kesempatan-kesempatan investasi tersedia yang terjamin, seperti misalnya membuka suatu rekening tabungan pribadi  dalam suatu bank komersil atau membeli peralatan keuangan lainnya.

Dari kesempatan-kesempatan investasi yang tersedia, umpamakan kombinasi optimum mengenai resiko dan bunga yang dihasilkan pada investasi memberikan suatu bunga biasa tahunan sebesar 8%.

Dengan demikian investasi Rp. 5.000.000,- akan mengasilkan uang 0.08 x  Rp. 5.000.000,- = Rp. 400.000,- tiap tahun.
Jika orang tersebut membeli sebuah mobil dengan harga yang sama untuk keperluan pribadi , maka ia melewatkan kesempatan untuk memperoleh kesempatan untuk mendapatkan bunga Rp. 400.000,- tiap tahun,
Nilai Rp. 400.000,- ini disebut pula suatu biaya alternatif tahunan sehubungan dengan pembelian sebuah mobil.

Jalan pemikiran yang sama dapat pula diterapkan dalam menentukan suatu biaya alternatif tahunan untuk investasi-investasi dalam usaha dan proyek-proyek engineering.
Pembelian dari suatu macam peralatan mesin produksi dengan harga diambilkan dari modal bersih yang diinvestasikan (equity capital) mencegah uang ini untuk diinvestasikan di bidang usaha lainnya dengan keamanan yang lebih besar atau keuntungan yang lebih tinggi.

Konsep biaya alternatif ini adalah fundamental untuk studi ekonomi teknik dan merupakan unsur biaya yang dimasukkan ke dalam semua metodologi sebenarnya untuk perbandingan alternatif proyek.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *