BEKISTING PIPA BETON

Pipa beton mudah ditemukan di sekitar kita, karena fungsinya yang bervariasi, diantaranya fungsi pipa beton yang mudah kita jumpai di sekitar lingkungan aktivitas kita yaitu :

  1. Saluran
  2. wadah tanam tumbuhan
  3. Sumur
  4. wadah penampungan sementara sampah
  5. wadah ternak ikan
  6. dan sebagainya.

Pipa beton dapat diproduksi di lokasi pekerjaan ataupun dapat melalui proses pengadaan kepada pabrik yang memproduksinya.

BEKISTING PIPA BETON

Apabila di lokasi proyek jauh dari pabrik yang memproduksinya, produk pipa beton dapat diproduksi langsung di lokasi.

Bahan-bahan yang di perlukan untuk memproduksi pipa beton diantaranya :

  1. material alam seperti pasir, split (batu pecah), abu batu
  2. semen
  3. bekisting
  4. besi beton

Pengadaan material alam, dapat diperoleh dari sekitar lokasi proyek, dan apabila sulit ditemukan material alam dekat lokasi maka proses produksi dapat di lakukan di workshop atau lokasi dekat dengan material alamnya (produksi di lokasi yang berbeda dengan lokasi pekerjaan).

Atau solusi lainnya pengadaan pipa beton langsung dari pabrik yang memproduksinya.
Selain solusi mengatasi kekurangan material alam, keuntungan yang di peroleh pengadaan langsung produk pipa beton dari pabrik antara lain :

  1. Meminimalkan waktu produksi, dan solusi efisiensi waktu, terutama apabila di butuhkan pipa beton jumlah banyak dalam rentang waktu yang pendek. Efisiensi biaya tecapai dengan meminimalkan waktu produksi
  2. Solusi untuk lokasi tidak luas, pengadaan pipa beton di datangkan sesuai dengan jumlah kebutuhan yang diperlukan pada waktu itu (di datangkan bertahap).
  3. Efisiensi jumlah tenaga kerja.

Apabila kebutuhan akan pipa beton, memiliki keterbatasan pada pengadaannya, misalnya :

Lokasi proyek tidak dapat dijangkau pengiriman produk, misalnya produsen / pabrik lokasinya berjauhan dari proyek, lokasi proyek akses jalannya sukar di lewati mobil truk, dan sebagainya, maka produk pipa beton dapat diproduksi sendiri di lokasi.

Apabila hal tersebut terjadi, pekerjaan produksi pipa beton dapat dimulai tahapan sebagai berikut :

  1. Pengadaan material alam
  2. Mempersiapkan cetakan / moulding pipa beton.
  3. Merakit besi tulangan pipa beton

Mempersiapkan cetakan / bekisting pipa beton dapat terbuat dari bahan :

  1. priplek
  2. plat seng
  3. plat baja
  4. FRP
  5. dan sebagainya

Pada postingan ini, lebih di fokuskan ke bekisting pipa beton terbuat dari pelat baja, dimana bekisting ini memiliki keunggulan di bandingkan bekisting dari material lainnya, yaitu :

  1. Material plat baja lebih kuat dan kaku, sehingga mampu mempertahankan bentuk pipa beton lingkaran sesuai bentuk bekisting.
  2. Memiliki umur ekonomis, bekisting mampu digunakan secara berulang kali, dan memiliki nilai jual kembali dalam kondisi bekas pakai.
  3. Metoda perakitan dan bongkar lebih praktis, tidak memerlukan tanaga lebih dari satu orang untuk dapat menggunakannya.

Bekisting dari bahan pelat baja, dapat di beli dan apabila memerlukan informasi lebih jelas tentang bekisting pipa beton , hub. 0856-937-597-38

Bekisting Pelat Baja seperti yang di sebutkan diatas memiliki keunggulan, seperti kemudahan merakit dan memindahkan bekisting sewaktu proses produksi secara manual.

Bekisting terdiri dari 2 sisi yaitu bekisting sisi bagian dalam pipa beton dan bekisting sisi bagian luar pipa beton.

Setiap sisi bagian dalam dan luar bekitsing terdiri atas beberapa elemen-elemen lebih kecil, tujuannya supaya :

  1. Memudahkan angkat / memindahkan bekisting pada waktu produksi secara manual (menggunakan tenaga manusia).
  2. Memudahkan penyimpanan bekisting di gudang apabila tidak digunakan
  3. Memudahkan perawatan bekisting
  4. dan sebagainya.

Metoda pemasangan dan bongkar bekisting dengan cara merakit elemen-elemen pelat (modul bekisting) yang terpisah menjadi satu kesatuan bekisting sisi dalam dan bekisting sisi luar.

Dan untuk produksi pipa dengan metoda kering, setiap pengadaan bekisting pelat, di lengkapi dengan alat pemadat (dari bahan besi tulagan).

Informasi pengadaan bekisting pelat baja, lokasi sekitar Jakarta, hub. 0856-937-597-38 (telpon atau WA), informatif, cepat respon dan sopan.

Pengadaan bekisting pipa dari bahan pelat baja memiliki ukuran dan bentuk standar, tetapi dapat saja dijual dalam bentuk custom (dimensi dan bentuk), seuai dengan dimensi dan bentuk dari permintaan customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *