BUIS BETON PONDASI BOR PILE

Buis Beton tanpa tulangan multi fungsi diantaranya kegunaannya adalah sebagai berikut :

  1. saluran air hujan
  2. sumuran (resapan air hujan)
  3. sumur air (menampung air tanah dan melindungi mata air dari longsor tanah)
  4. wadah tanam tumbuhan
  5. wadah ternak lele
  6. wadah penampungan sampah
  7. pondasi Bor Pile

BUIS BETON PONDASI BOR PILE

buis beton pondasi bor pile

Pondasi bor pile termasuk salah satu jenis pondasi dalam, dengan tujuan mencapai kedalaman tanah keras, mengikuti hasil pengujian tanah (baik pengujian secara langsung dan pengujian di laboratorium untuk menentukam nilai properti tanah).

Faktor-faktor menentukan penggunaan jenis struktur pondasi adalah berdasarkan fungsi, bentuk dan dimensi dari bangunan berdiri di atas pondasi,  kemudian direncanakan dan dihitung secara empiris.

Pondasi Bor pile adalah pondasi beton bertulang yang dikerjakan menggunakan mesin penggali dengan metoda wash boring.

Selain pondasi bor pile, jenis pondasi dalam yang dikerjakan pengecoran di lapangan adalah strauss pile, perbedaannya dengan bor pile adalah proses gali tanah pondasi strauss pile menggunakan peralalatan bor sederhana dengan tenaga manusia sebagai penggerak mata bor.

Kedua jenis pondasi ini memiliki tahapan pekerjaan sebagai berikut :

  1. melakukan pengukuran dan pemasangan bowplank untuk menentukan titik lokasi pondasi bor pile
  2. melakukan pekerjaan boring menggunakan mesin bor pile (baik dengan bantuan crane atau struktur pipa support, atau dengan perlatan bor manual).
    Dimensi diameter pekerjaan boring (gali) umumnya berkisar diameter 30 cm,  40 cm, 50 cm dan 60 cm.
  3. Bersamaan pekerjaan boring (galian) dipersiapkan perakitan besi beton dan pipa beton (buis beton) sebagai casing (melindungi tanah galian dari keruntuhan), untuk tanah yang labil galian.
    Buis Beton Pondasi Bor Pile dapat diproduksi di lokasi proyek atau dapat juga  dengan cara pembelian produk buis beton yang diproduksi di pabrik.
    Aneka Alam Abadi memproduksi buis beton tanpa tulangan digunakan sebagai casing pondasi bor pile, informasi produk hub. 0856-937-597-38 (telpon atau WA).
  4. ketika pekerjaan galian sesuai dengan kedalaman yang direncanakan sudah selesai dikerjakan, selanjutnya masukkan casing buis beton ke dalam galian  dan berikutnya memasukkan besi tulangan yang sudah dirakit, ke dalam casing buis beton.
  5. Pekerjaan berikutnya adalah pengecoran beton menggunakan beton jadi (readymix) atau aduk manual.
    Standar mutu beton yang digunakan untuk pekerjaan beton pondasi bor pile adalah fc’ = 20,75 MPa atau fc’ = 24,9 MPa.
  6. Tanah galian hasil pengeboran, dibuang ke lokasi sekitar pekerjaan (sebagai urugan tanah) atau harus dibuang ke luar proyek, apabila tidak membutuhkan urugan tanah.

Buis Beton sangat dibutuhkan sebagai casing pada lokasi proyek dimana tanah asli yang digali mudah mengalami keruntuhan (meskipun tanpa beban dari luar / external).

Namun apabila konsistensi tanah asli (daya tahan tanah) terhadap perubahan bentuk atau keruntuhan baik, tidak diperlukan casing sebagai penahan tanah sekaligus berfungsi bekisting.

Ada beberapa produk alternatif yang dapat digunakan sebagai penahan tanah galian pondasi bor pile maupun pondasi strauss pile, yaitu :

  1. Pipa besi, Keunggulan menggunakan produk pipa besi yaitu mempunyai kuat tarik dan tekan yang baik terhadap tekanan tanah dari sisi luar dan beton pada waktu pengecoran dari sisi dalam, ramah terhadap lingkungan (tidak menimbulkan pencemaran lingkungan).
    Produk pipa besi memiliki kekuarangan yaitu berat pipa mengharuskan menggunakan alat bantu untuk memindahkannya atau dapat juga menggunakan pipa beton yang dipotong beberapa bagian supaya dapat memindahkannya.
    Kelemahan yang lainnya adalah harga pipa besi lebih mahal.
  2. Pipa beton (buis beton)
    Menggunakan produk buis beton memiliki keunggulan diantaranya adalah :
    ramah lingkungan, mampu menahan tekanan tanah dan beton dari ke dua sisi dengan baik, mudah pengadaannya, ukuran buis beton panjang standar 1 m, memudahkan pemindahan ke lokasi pengeboran.
  3. Pipa bahan PVC
    menggunakan pipa PVC sebagai penahan tanah asli, memiliki keunggulan yaitu bahannya ringan dan lentur, sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam tanah bor.
    Kelemahannya adalah harga produk yang mahal untuk ukuran diameter pipa PVC besar, dan tidak ramah lingkungan.
  4. Pipa bahan FRP
    menggunakan bahan FRP kurang lebih sama seperti bahan pipa PVC, lentur dan ringan untuk dipindahkan .

Dimensi Buis beton yang digunakan untuk bor pile ataupun strauss pile mulai dari ukuran :

  1. Diameter dalam 20 cm x panjang 100 cm
  2. Diameter dalam 30 cm x panjang 100 cm
  3. Diameter dalam 40 cm x panjang 100 cm
  4. Diameter dalam 50 cm x panjang 100 cm
  5. DIameter dalam 60 cm x panjang 100 cm
  6. Diameter dalam 80 cm x panjang 100 cm
  7. Diameter dalam 100 cm x panjang 100 cm

Informasi pengadaan buis beton lokasi Jakarta dan sekitar, hubungi 0856-937-597-38, informatif, mudah dihubungi, dan sopan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *