MENGATASI GENANGAN AIR

Definisi genangan air yang dimaksud adalah air hujan yang tidak dapat meresap ke dalam bumi dan genangan air berada di atas permukaan jalan atau halaman yang ditutupi oleh beton atau perkerasan aspal.

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang menompang kehidupan mahluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia.
Air sumber daya alam dapat bersumber dari mata air (air tanah), sungai, danau, dan air hujan melalui siklus air.

Dafinisi dari siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi (defiinisi siklus air dari sumber dari wikipedia).

MENGATASI GENANGAN AIR

Dampak yang dirasakan langsung, karena terjadinya genangan air akibat hujan berlebihan diantaranya ;

  1. Erosi (peristiwa pengikisan struktur tanah, batuan dan partikel lainnya disebabkan oleh hujan atau genangan air, dan kemiringan lereng aliran air.
  2. wabah penyakit ditimbulkan bagi manusia diantaranya penyakit kulit, diare dan lain sebagainya
  3. terganggunya aktifitas manusia seperti aktivitas bekerja, aktivitas pelayanan rumah sakit, aktivitas distribusi makanan, pakaian dan sebagainya.

Dan apabila genangan air akibat hujan berlebihan tidak dapat diatasi segera, membutuhkan waktu berhari-hari untuk dapat menyusutkan genangan air.

Solusi yang efektif untuk mencegah (tindakan dilakukan sebelum terjadinya musibah) / Mengatasi Genangan Air diantaranya ;

  1. Reboisasi (menurut definisinya reboisasi adalah penghijauan kembali hutan yang tandus), dalam hal ini lokasi pemukiman di perkotaan dan perdesaan, telah banyak berubah fungsi, sebelumnya di daerah perkotaan dan perdesaan banyak ditumbuhi pohon dan tumbuhan, berubah fungsi menjadi bangunan dan infrastruktur, seiring dengan perkembangan kota dan desa.
  2. Menyiapkan infrastruktur saluran air dengan baik, seperti kapasitas penampungan saluran, debit aliran saluran, dengan mempertimbangkan DAS (Daerah Aliran Sungai), luas daerah tangkapan hujan, curah hujan maksimal berdasarkan data sebelumnya.
  3. Memelihara saluran alami seperti sungai, saluran alami hasil galian, dan saluran buatan seperti saluran beton, saluran pasangan batu kali, dari kedangkalan dan kerusakan saluran.

Infrastruktur saluran buatan pada lingkungan perumahan, lingkungan pabrik, kantor, hotel, pasar, infrastruktur jalan, dan sebagainya dapat terbuat dari bahan-bahan seperti beton bertulang, atau pasangan batu kali atau pasangan bata, sheet pile, kayu dolken, atau pohon-pohon sebagai penahan tanah pada pinggir saluran.

Penentuan spesifikasi dan dimensi saluran mempertimbangkan biaya, fungsi, ketersediaan produk, efisiensi waktu, dan pihak yang melakukan pekerjaan tersebut (dapat saja saluran dibangun oleh pemerintah atau swadaya dari masyarakat sendiri).

Pabrik Aneka Alam Abadi merupakan pabrik beton yang memproduksi dan mendistribusikan produk saluran, lokasi Jakarta sekitarnya. diantaranya jenis produk-produk saluran yang diproduksi :

  1. Buis beton belah, saluran berbentuk pipa beton belah (1/2 penampang pipa beton)
    Dimensi, bentuk saluran buis beton belah dan fungsinya, dapat dilihat informasi lengkapnya di link BUIS BETON BELAH.
    Produk buis beton belah merupakan saluran beton tanpa tulangan, karena berfungsi sebagai saluran terbuka dan mengalirkan air hujan ke saluran yang lebih besar.
    Buis beton belah dapat dipadukan dengan pasangan bata atau pasangan batu kali sebagai dinding saluran.
    mengatasi genangan air
  2. Saluran U (bentuk penampang saluran huruf U)
    Saluran U merupakan produk saluran beton bertulang yang memiliki kemiringan pada sisi dasar saluran.
    Produk saluran U memiliki dinding sehingga dapat langsung di pasang ke dalam galian tanah, sebagai saluran lingkungan, saluran induk atau saluran irigasi, sesuai dengan fungsinya.
    Informasi lengkap produk saluran U untuk dimensi, bentuk dan fungsinya dapat dilihat di link SALURAN U

mengatasi genangan air

Informasi pengadaan produk buis beton belah dan saluran U, lokasi Jakarta dan sekitarnya, hubungi 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp), cepat respon, informatif dan sopan.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *