LUBANG ANGIN

Lubang angin atau ventilasi berfungsi untuk pertukaran udara dari dalam ruangan ke luar ruangan, dan fungsi lainnya adalah memungkinkan sinar matahari tembus ke dalam ruangan.

Produk lubang angin bervariasi dapat terbuat dari bahan-bahan seperti beton, tanah liat (keramik), kayu, besi, kawat, lembaran kaca nako, aluminium.
Alternatif lain, usaha untuk menjaga kenyamanan ruangan tanpa menggunakan produk lubang angin adalah dengan memasangan ventilasi mekanis dapat di gerakkan oleh tenaga listrik seperti exhaus fan, AC (Air Conditioning), atau digerakkan tenaga angin seperti turbin ventilator (umumnya digunakan bangunan gudang, pabrik, gedung olah raga).

LUBANG ANGIN

lubang angin

Lubang angin berfungsi untuk :

  1. menghilangkan bau dari gas-gas tidak menyenangkan yang ditimbulkan oleh keringat dan sebagainya dan gas-gas pembakaran (CO2) yang ditimbulkan oleh pernafasan dan proses-proses pembakaran.
  2. menjaga ruang tetap kering, suhu ruangan tetap stabil, dengan cara menjaga kelembapan ruangan.

Udara lembab dapat di cegah dengan mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan, karena itu hunian membutuhkan banyak bukaan untuk sirkulasi udara.

Sirkulasi udara yang segar terus menerus akan mengurangi kepadatan udara jenuh, menjaga suhu ruangan stabil dan kenyamanan dalam ruangan terjaga.

Apabila udara dari luar lebih dingin, aliran udara yang masuk ke dalam ruangan justru akan membuat ruangan semakin lembap.
Salah satu upaya mengatasi kelembapan ruangan, dengan cara memasang alat hygrometer (alat pengukur kelembapan dan uap air di udara) sebagai pengukur, dan menutup bukaan ventilasi ketika udara luar lebih dingin.

Alternatif lainnya, untuk ruangan yang tidak terdapat ventilasi atau jumlah luas ventilasi sedikit, supaya dapat mengatasi kelembapan ruangan, yaitu :

  1. Air Conditioning (dehumidifier)
    AC menghasilkan udara dingin langsung ke dalam ruangan melalui evaporator, sedangkan dehumidifier melepaskan udara dingin melalui kondensor melewati evaporator menjadikan suhu rungan sedikit lebih tinggi.
  2. Houseplant (tanaman di dalam ruangan), fungsinya antara lain :
    1. houseplant berperan untuk menangkal zat-zat berbahaya seperti karbondioksida,
    2. pembersih udara dengan menyerap benzena, karbon monoksida
    3. mengurangi senyawa kimia berbahaya dalam ruangan seperti yang ditemukan dalam cat dan perabotan di dalam rumah
    4. memproduksi oksigen

Selain fungsi yang disebutkan diatas, houseplant memberikan mamfaat agar fasad di dalam ruangan terlihat rapi, estetik dan di dalam ruangan memiliki penghijauan.

Apabila di dalam rumah atau ruangan yang ditempati terasa lembab (kelembapan mengacu kepada uap air di atmosfer, pada kondisi normal kelembapan relatif antara 40% sampai 60%), dan suhu ruangan terasa panas, diperlukan perbanyak bukaan seperti ventilasi, nako, dan lainnya.

Pabrik Aneka Alam Abadi memiliki produk ventilasi terbuat dari beton, berbentuk penyekat zig zag berfungsi mengantisipasi air hujan masuk ke dalam ruangan.

Dimensi ventilasi beton sisi luar ke luar yaitu 39 cm (panjang) x 19 cm (lebar) x 10 cm (tebal), bentuk ventilasi beton seperti gambar dibawah ini.

lubang angin

Disarankan untuk mendapatkan hunian yang sehat dan nyaman, dalam tahap perancangan direncanakan ruangan dipasang jendela besar ke area dimana ventilasi diperlukan (menghadap ruang terbuka), dan jendela kecil atau jendela tetap di lokasi tidak memiliki akses ke luar ruangan (ruang terbuka).

Pemesanan dan permintaan penawaran ventilasi beton dengan penyekat zig zag, hubungi Charles 0856-937-597-38 (telpon atau WhatsApp), cepat respon, informatif dan sopan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *